Home » » SEJARAH PENDIRIAN SKB TEMATIK KAB. LOMBOK BARAT

SEJARAH PENDIRIAN SKB TEMATIK KAB. LOMBOK BARAT

Written By awal ahmad on Sabtu, 30 Mei 2015 | 19.48




Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan Nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan bertanggung jawab. Untuk merealisasikan cita-cita bangsa yang mulia itu perlu diwujudkan melalui sistem pendidikan yang mantap dan terarah.


Menilik Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional terdiri atas 2 (dua) Sistem Pendidikan yaitu Formal, Non Formal dan Informal. Lebih lanjut dijelaskan pada Sistem Pendidikan Nasional pasal 26 ayat 3 bahwa Pendidikan tercakup di dalamnya seperti Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH), Pendidikan Kepemudaan, Pendidikan Pemberdayaan Perempuan, Pendidikan Kesetaraan (Paket A,B dan C), Pendidikan dan Pelatihan. Pada ayat 5 dalam pasal 26 mengkaper Pendidikan Kursus dan Pelatihan sedangkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tertuang dalam pasal 28 ayat 1. Salah satu sistem pendidikan tersebut yakni Pendidikan Non Formal dan Informal merupakan jalur pendidikan yang mengkaper atau melayani pendidikan bagi masyarakat yang tidak dapat terlayani pada pendidikan formal karena kondisi sosial dan ekonomi yang serba kekurangan. Dalam upaya mewujudkan akses pelayanan pendidikan untuk semua lapisan masyarakat terutama masyarakat ekonomi lemah perlu didukung oleh suatu Lembaga/Instansi Pemerintah yang eksistensinya kuat dan terpercaya.
 


Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tematik Negeri Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) yang ada di Nusa Tanggara Barat yang berdiri sejak tanggal 10 Februari 2011. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tematik Negeri Kabupaten Lombok Barat mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas dan fungsi Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan di bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) yang dilimpahkan dari Kepala Dinas. Selain itu juga melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.




VISI
Terwujudnya Sanggar Kegiatan Belajar Tematik/PKPM Kabupaten Lombok Barat yang berkualitas, unggul, tangguh dan mandiri dalam membantu dan memberikan pelayanan Pendidikan Anak usia Dini Non Formal dan Informal (PAUDNI).

MISI
1) Meningkatkan kualitas sumber daya PAUDNI
2) Meningkatkan kualitas pelayanan PAUDNI
3) Meningkatkan kualitas pengembangan program PAUDNI
4) Meningkatkan kualitas jaringan kemitraan
5) Meningkatkan kualitas sitem informasi















PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Pendidikan   Nasional  yang  berdasarkan  Pancasila   dan  Undang-Undang Dasar   1945  berfungsi  mengembangkan  kemampuan  dan  membentuk watak  serta peradaban  bangsa  yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan  Nasional  bertujuan   untuk mengembangkan  potensi peserta  didik  agar menjadi   manusia  yang  beriman  dan  bertaqwa   kepada Tuhan  Yang   Maha   Esa, berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu,  cakap,  kreatif,  mandiri   dan  bertanggung jawab. Untuk merealisasikan cita-cita bangsa yang mulia itu perlu diwujudkan melalui sistem pendidikan yang mantap dan terarah.
Menilik Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem  Pendidikan  Nasional  terdiri atas  2 (dua)   Sistem  Pendidikan   yaitu Formal,  Non Formal dan Informal. Lebih lanjut dijelaskan pada Sistem Pendidikan Nasional  pasal 26 ayat 3 bahwa Pendidikan tercakup di dalamnya seperti Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH), Pendidikan Kepemudaan, Pendidikan Pemberdayaan Perempuan, Pendidikan Kesetaraan (Paket A,B dan C), Pendidikan dan Pelatihan. Pada ayat 5 dalam pasal 26 mengkaper Pendidikan Kursus dan Pelatihan sedangkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tertuang dalam pasal 28 ayat 1.  Salah  satu  sistem pendidikan  tersebut yakni Pendidikan  Non  Formal  dan  Informal merupakan jalur pendidikan yang mengkaper atau melayani pendidikan bagi masyarakat yang tidak dapat terlayani pada pendidikan formal  karena   kondisi  sosial  dan  ekonomi  yang serba  kekurangan.  Dalam upaya mewujudkan  akses  pelayanan pendidikan untuk semua lapisan  masyarakat terutama masyarakat ekonomi lemah perlu didukung oleh   suatu Lembaga/Instansi  Pemerintah yang eksistensinya kuat dan terpercaya. Dalam hal ini Instansi  yang dimaksud adalah Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tematik Negeri Kabupaten Lombok Barat atau sebelumnya lebih dikenal dengan nama SKB Tematik Negeri Kabupaten Lombok Barat .
Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tematik Negeri  Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu  Sanggar  Kegiatan Belajar (SKB)  yang ada di Nusa Tanggara Barat yang berdiri sejak  tanggal  10 Februari 2011.  Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tematik Negeri Kabupaten Lombok Barat  mempunyai  tugas  pokok  melaksanakan  sebagian tugas dan  fungsi Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan di bidang  Pendidikan  Non Formal dan Informal (PNFI) yang dilimpahkan  dari  Kepala Dinas. Selain itu juga melaksanakan tugas-tugas lain  yang  diberikan  oleh  Kepala Dinas  sesuai  dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

B.     Visi dan Misi
Visi dan Misi SKB Tematik Kabupaten Lombok Barat dalam rangka mendukung program pendidikan kepada Masyarakat agar tercipta sumber daya manusia berkualitas adalah:
·         Visi
Terwujudnya masyarakat Lombok barat yang terampil dan profesional dilandasi filosofi yang mengarah pada terbentuknya Lombok Barat yang Maju, Mandiri, dan Bermartabat.
·         Misi
Mewujudkan masyarakat Lombok Barat yang terampil dan memiliki kepribadian profesional.

Deskripsi Singkat Visi dan Misi
Sumber Daya Manusia yang berkualitas bisa terwujud melalui pendidikan. Sebagai contoh, profesi sebagai cleaning service/petugas kebersihan sepintas tampak gampang tetapi tidak segampang anda membalikkan telapak tangan. Namun profesi sebagai cleanings ervice yang baik, diperlukan ilmu tentang itu.
Putus sekolah, buta aksara, pengangguran, kemiskinan dan berbagai keterbelakangan disebabkan ketiadaan ilmu dan keahlian dalam hidup.
Membekali diri dengan berbagai keahlian/keterampilan membuat hidup bermanfaat dan penuh makna.
Ilmu dan penguasaan berbagai keterampilan membuat kita maju dan mandiri sehingga kita bisa menjadi orang yang bermartabat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.
C.  Ruang Lingkup
Program kerja Tahunan yang disusun oleh SKB Tematik kab. Lombok Barat dalam upaya pembinaan mutu penyelenggaraan PAUD-NI Tahun 2015 ini, ruang lingkupnya meliputi:
1. Pembangunan Fisik
2. Kegiatan Rutin
3. Program-program Khusus



BAB II
GAMBARAN KEADAAN DAN PERMASALAHAN

A.       Gambaran Umum
Wilayah Lombok Barat mempunyai luas 1.863,40 Km. Sebelah Barat berbatasan dengans selat lombok, sebelah timur dengan Lombok Tengah dan Lombok Timur, sebelah utara Kota Mataram. Jumlah penduduk usia kerja Kabupaten Lombok Barat pada tahun 2012 mencapai 425.289 jiwa. Dari angka tersebut, angka pengangguran mencapai 125.909 jiwa. Hal tersebut terjadi karena masih banyaknya angka putus sekolah di masyarakat yang mencapai angka 23.462 orang.
Data kependudukan tahun 2013, Lombok Barat memiliki jumlah penduduk sebanyak 530.918 orang. Penduduk buta aksara usia 15 tahun ke atas, lombok barat masih menyumbang 41.215 orang.
Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tematik Negeri  Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu  Sanggar  Kegiatan Belajar (SKB)  yang ada di Nusa Tanggara Barat yang ditugaskan untuk menangani permasalahan-permasalahan tersebut.  Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tematik Negeri Kabupaten Lombok Barat  mempunyai  tugas pokok  melaksanakan  sebagian  tugas dan  fungsi Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan di bidang  Pendidikan  Non Formal dan Informal (PNFI) yang dilimpahkan  dari  Kepala Dinas. Selain itu juga melaksanakan tugas-tugas lain  yang  diberikan  oleh  Kepala Dinas sesuai  dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Sejak beridiri pada tahun 2011 lalu, Sarana maupun prasarana di SKB Tematik Kabupaten Lombok Barat masih belum memadai sehingga berdampak pada hasil program.

B.       Permasalahan
Dari gambaran keadaan Lombok Barat diatas, permasalahan yang sering kita temukan sebagai berikut:
1)    Angka buta aksara, drop out dan pengangguran masih sangat tinggi;
2)     Belum lengkapnya Prasarana dan Sarana untuk menunjang kegiatan kursus;

C.      Analisa Kebutuhan
Berdasarkan permasalahan diatas untuk menjawabnya sangat diperlukan adanya sebuah program-program kursus/pelatihan untuk mencetak tenaga-tenaga terampil siap kerja. Untuk mewujudkannya diperlukan sarana maupun prasarana yang memadai. Berikut kami sampaikan analisa kebutuhan dan program.
a.         Prasarana meliputi gedung asrama, aula dan mushalla, pemagaran halaman dan penataan halaman
b.         Pengadaan Sarana kursus
c.         Pelaksanaan program-program kursus



BAB III
PROGRAM PRIORITAS DAN RENCANA AKSI

A.      Program Prioritas
Sejak berdiri pada tahun 2011, Sarana dan prasarana SKB Tematik Kabupaten Lombok Barat masih belum lengkap. Maka, selain memprioritaskan kegiatan-kegiatan kursus, kami juga memprioritaskan pembangunan fisik dan pengadaan sarana penunjang kursus. Program prioritas kami pada tahun 2015, sebagai berikut:
1.         Pengadaan Sarana dan Prasarana
·      Pembangunan gedung Asrama, Aula dan mushalla
·      Penembokan Halaman Pagar dan penataan Halaman
·      Pengadaan LCD proyektor
·      Pengadaan AC
·      Pengadaan Printer
·      Pengadaan Kursi Rapat/Pertemuan
·      Pengadaan Meja/Kursi Komputer
·      Pengadaan lemari
·      Pengadaan TV dan DVD
·      Pengadaan Mesin prmotong Rumput
·      Meja dan podium Aula
·      Kendaraan Operasional Roda 4
·      Sepeda Motor 2 buah
·      Kelengkapan tempat service
·      Skat kantor servis dengan tempat servis

2.         Pelaksanaan kegiatan kursus
·      Kursus Tekhnisi Komputer
·      Kursus Las Listrik
·      Kursus Jasa boga
·      Kursus Otomotif Motor
·      Kursus Otomotif Mobil
·      Kursus Gerabah
·      Kursus Broadcasting Video
·      Kursus Design Grafis
·      Kursus Revarasi AC
·      Kegiatan Service kendaraan roda 4 dan roda 2 serta ganti oli motor/mobil.
3.      Penambahan Pegawai
·         Guru pamong 10 orang untuk masing-masing kegiatan kursus
·         Pembuat daftar gaji
·         Satpam
·         Sopir
·         Tenaga Ahli mekanik Motor/Mobil

B.        Rencana Aksi
1)      Pembangunan Gedung Asrama, Aula, Mushalla dan Sarana Lainnya.
·      Pengajuan proposal ke Direktorat Sarana dan Prasarana Ditjen PAUDNI Kemendikbud RI dan BP-PAUDNI Regional V Mataram
·      Pengajuan rencana anggaran ke pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten lombok Barat
·      Waktu Pelaksanaan  disesuaikan dengan pencairan dana
·      Tujuan Pembangunan: Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang kegiatan.

2)      Kegiatan Rutin
Kegiatan rutin meliputi pengadaan bahan habis pakai seperti ATK dan perlengkapan lainnya.

3)      Program-Program Kursus
a)    Mengajukan Proposal  ke Direktorat Kursus dan Pelatihan Ditjen PAUDNI Kemendikbud  dan BP-PAUDNI Regional V Mataram
b)   Mengajukan Rencana Anggaran Kegiatan ke Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Lombok Barat.
c)    Penyusunan panitia kegiatan
d)   Pelaksanaan Kegiatan


C.      Rencana Pelaksanaan Program Kegiatan
No.
Uraian Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
Penanggung Jawab
1
Pembangunan dan Pengadaan Gedung Asrama, Aula, Mushalla dan Sarana Kursus
·      Pengajuan Proposal
·      Pelaksanaan kegiatan
·      Pelaporan



Februari 2015
Juni 2015
Desember 2015



Kepala SKB
Kepala SKB
Kepala SKB
2
Penembokan Pagar dan Penataan Halaman
·      Pengajuan Proposal
·      Pelaksanaan kegiatan
·      Pelaporan


Februari 2015
Agustus 2015
Desember 2013


Kepala SKB
Kepala SKB
Kepala SKB
3
Pelaksanaan Kursus
·      Pengajuan Proposal
·      Pelaksanaan kegiatan
·      Pelaporan

Maret 2015
Juli 2015
Desember 2015

Kepala SKB
Kepala SKB
Kepala SKB
4
Ganti Oli dan Service Motor/Mobil serta pengadaan suku cadang di bengkel otomotif SKB.
Maret 2015
Kepala SKB



BAB IV
PENUTUP

Program kerja tahunan ini merupakan perencana jangka pendek yang disusun sebagai acuan pelaksanaan perogram di Sanggar Kegiatan belajar (SKB) Tematik Kabupaten Lombok Barat. Rencana kerja ini memuat semua program/kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2015 baik yang bersifat strategis maupun yang rutin.
Diharapkan dengan adanya rencana kerja tahunan ini, semua program/kegiatan pada SKB Tematik Kabupaten Lombok Barat, mulai dari rencana pembangunan, pengadaan sampai pelaksanaan kegiatan kursus dapat berjalan dengan baik tanpa hambatan.

















Share this article :

Posting Komentar

maslow

maslow

VideoBar

Konten ini belum tersedia melalui sambungan terenkripsi.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. awaludinblogspotcom.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger