INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
MAHASISWA BKI |
MATARAM
SILABUS
PERKULIAHAN
1.
Identitas
mata kuliah
Kode
Mata Kuliah
|
:
|
-
|
Mata
Kuliah
|
:
|
Pengantar
Bimbingan Konseling Islam
|
Komponen
|
:
|
MKK
Program Studi
|
Bobot
|
:
|
2
sks
|
Jurusan/
Prodi
|
:
|
BKI
|
Semester
|
:
|
2
(dua)
|
Fakultas
|
:
|
Dakwah
|
Dosen
Pengampu
|
:
|
Sukarman,
MA
|
2.
Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan
mampu memahami tentang konsep dasar pengantar bimbingan konseling, teori-teori
bimbingan konseling serta mampu mengaplikasikan bimbingan konseling secara
profesional dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Deskripsi isi
Dalam
perkuliahan ini dibahas tentang konsep-konsep dasar bimbingan konseling,
manfaat dan fungsi bimbingan konseling, fungsi BK, Tujuan BK, Program BK,
Prinsip-prinsip BK, Teknik konseling behavioristik, konseling pesikoanalisis,
konseling humanistik, konseling rasional emotive behavior terapi, etika
konseling, keterampilan dalam pemberian konseling serta praktek-praktik dalam
proses konseling klien.
4.
Pendekatan pembelajaran
Pembelajaran menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri.
- Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan
masalah
- Tugas : Makalah, penyajian makalah, dan diskusi
- Media : LCD.
5.
Evaluasi
Keberhasilan
mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan
dalam: proses latihan konseling, menjawab quiz/ keatifan dikelas, tugas
individu/kelompok serta UTS, dan UAS.
6.
Rincian materi
perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 :
|
Orientasi perkuliahan
|
Pertemuan 2 :
|
Definisi,
tujuan, manfaat, fungsi dan latar Belakang BK
|
Pertemuan 3 :
|
Program-program
dalam Bimbingan dan konseling
|
Pertemuan 4 :
|
Prinsip-prinsip
pengembangan bimbingan konseling di masyarakat
|
Pertemuan 5 :
|
Konseling
Behavioristik
|
Pertemuan 6 :
|
Konseling
Psiokoanalisa Freud
|
Pertemuan 7 :
|
Konseling
Humanistik
|
Pertemuan 8 :
|
Ujian Tengah Semester (UTS)
|
Pertemuan 9 :
|
Konseling
emotive behavior therapy.
|
Pertemuan 10:
|
Pengenalan
etika dalam bimbingaan konseling
|
Pertemuan 11:
|
Pengembangan
keterampilan bimbingan konseling
|
Pertemuan 12:
|
Praktik
konseling
|
Pertemuan 13:
|
Praktik
konseling
|
Pertemuan 14:
|
Praktik
konseling
|
Pertemuan 15:
|
Pengembangan
pemahaman mahasiswa tentang BK (review)
|
Pertemuan 16:
|
Ujian Akhir Semester (UAS)
|
7.
Daftar
Buku
Border, L. Di
Anne & Drury, Sandra M. (1992). Comprehensive School
Counseling Program: A Review for
Policymakers and Practitioners.
Journal of Counseling and Development
70, 487-495.
Blocher, Donald
H. (1972). Developmental Counseling. New York: Jhon Wiley
&
Sons.
Cavanagh,
Michael E. (1982). The Counseling Experience. California:
Brooks/Cole
Publishing Co.
Gibson R.L.
& Mitchel M.H. (1986). Introduction to Counseling and Guidance.
New York: Macmillan Publishing Company.
Muro J.J. &
Kottman T. (1995). Guidance and Counseling in Elementary and
Middle School. Madison: WmC
Brown Com Inc.
Syamsu Yusuf,
L.N. (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT
Remaja
Rosdakarya.
Syamsu Yusuf,
L.N. (2006). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung:Bani Quraisy.
Mengetahui
Dosen
Pembina Ketua Jurusan BKI
Sukarman,
MA Winengan, M.Si
Tidak ada komentar:
Posting Komentar